Physical Avidance Buat Bisnis?
Oke. salam hangat semua penikmat blog! lama tidak berjumpa.
Nah, pertama mari saja langsung kita bahas mengenai manfaat
Physical Avidance
Physical evidence atau bukti fisik
merupakan suatu hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk membeli dan
menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Bukti fisik adalah lingkungan
fisik perusahaan tempat jasa diciptakan dan tempat penyediaan jasa serta
konsumen berinteraksi, ditambah elemen tangible yang digunakan untuk
mengkomunikasikan atau mendukung peranan jasa itu.
Untuk
beberapa pelayanan jasa physical
evidence atau bukti fisik adalah hal utama untuk meningkatkan
kepercayaan konsumen. Mengapa demikian? Karena dengan adanya sesuatu yang bisa
secara langsung ditangkap oleh mata, konsumen akan bisa secara cepat menentukan
pilihannya atas sebuah jasa yang diinginkan.
Desain
Layout Physical evidence yang baik itu seperti apa?
Pada jasa yang
ditawarkan secara offline ada baiknya untuk menunjukkan kantor dan beberapa property
yang mendukung seperti frontliner, costumer service, dan lain
sebagainya. Hal ini bisa menjadi bukti fisik yang nyata untuk konsumen. Sedangkan pada
jasa yang ditawarkan secara online, pada umumnya tujuan mereka adalah untuk
memperkecil anggaran dengan tidak memiliki kantor namun akan lebih susah untuk
mendapatkan kepercayaan konsumen. Jadi, untuk meningkatkan kekuatan physical evidence pada jasa yang
ditawarkan secara online yaitu dengan iklan yang bagus, iklan dengan brand ambassador
atau pun endorser, dan juga testimonial dari pelanggan-pelanggan yang suka dan
puas dengan jasa yang ditawarkan.
Usaha saya
bagaimana?
Dikarenakan usaha
yang saya kerjakan saat ini hanya bersifat online, maka saya dengan gencar
membuat promosi di akun-akun social media seperti instagram, facebook, dan
youtube untuk meningkatkan brand awareness dari produk
saya. Pun, dengan selalu memposting hasil testimony dari pelanggan yang ada. Usaha
yang saya lakukan saat ini sebenarnya tidak berada pada bidang jasa namun
berada pada bidang dagang yaitu penjualan kerudung. Nah, selain hal-hal diatas
yang sudah saya sebutkan menjadi bagian dari physical evidence yang ada, saya
juga bisa menyembutkan bahwa produk yang ada secara riil dan akun di sosmed
maupun market-place yang sudah
terverifikasi adalah bukti fisik yang lain dari suatu usaha untuk meningkatkan
kepercayaan dan ketertarikan konsumen untuk memilih produk saya.
Sekian.
Komentar